Senin, 22 Desember 2008

Bayar Pajak Sepeda Motor di Samsat Pembantu Batu Aji Batam

Gak terasa, sudah setahun berlalu sejak bayar pajak motor terakhir, 24 Desember 2007.

Hari ini, sesuai rencana, aku berangkat ke kantor Samsat, untuk menunaikan kewajibanku sebagai orang bijak yaitu membayar pajak. (he..he..)

Berangkat dari rumah jam 8 lewat (rumahku di Perumnas Sagulung), sampai Samsat jam 8.20. Alhamdulillah bisa cepat karena sekarang ada kantor Samsat Pembantu di Batu Aji, tepatnya daerah simpang Yamaha, ruko Waheng. Kalo dari Muka kuning, sebelum GOR Badminton dan SPBU Base Camp.

Di tempat parkir sudah ada beberapa motor nangkring, aku hitung ga sampai 10, wah, masih sepi nih, bisa cepat, pikirku.

Di dalam kantor, petugas Samsat sudah stand by di posisinya masing2.

Dari bapak di meja informasi aku cek kelengkapan data2 yang diperlukan, minta formulir dan pinjam pena (he3, pena yang aku bawa macet, makasih ya pak, dibalikin kok, soalnya kata bapak di meja informasi itu, sudah 11 kali penanya ga
balik).

Setelah diisi (kalo bingung ada contohnya kok, ditempel di dinding), formulir digabung dengan fotokopi KTP (bolak-balik 1 lembar), fotokopi BPKB (1 lembar juga) dan STNK asli, lalu dimasukan ke dalam map (biru roda 2, merah roda 4, beli di tempat fotokopi di kantin, 3 rebu perak), kasih ke bapak di meja informasi dan akhirnya, menunggu dipanggil.

Menunggu, ya, inilah yang paling membosankan dan bikin sebagian orang malas untuk mengurus sendiri pajak kendaraannya.

Banyak cara dilakukan orang2 untuk mengatasi rasa bosan saat menunggu ini. Ada yang bengong aja sambil melamun, ngobrol dengan sesama orang bijak (kan bayar pajak), nonton tipi (pas aku disana, yang diputar pilem Mister Bean di HBO, lumayan, bisa bikin yang nonton cekikikan lihat ulah beliau), ngisi TTS, baca majalah atau utak-atik hp (kayak aku sekarang, nunggu STNK jadi sambil nge-blog).

Akhirnya, penantianku selesai juga. STNK-nya sudah jadi. Datang jam 8.20an kelar jam 10.20an, 2 jam bro! Padahal, beberapa hari yang lalu, tetangga yang juga bayar pajak disini cuman makan waktu setengah jam. Tapi ga pa2 lah, yang penting sekarang sudah tuntas kewajibanku sebagai orang bijak (cie...).

Kalo mau dibikinin kesimpulan, kayak gini nih, poin2 seputar bayar pajak kendaraan:

1. Siapin berkas2 persyaratan, yaitu:

a. fotokopi KTP 1 lembar bolak-balik, bawa aslinya juga.

b. fotokopi BPKB 1 lembar juga, bawa aslinya. Kalo masih belum lunas (kayak aku, motornya dapat 'ngiridit'), bawa surat pengantar dari kreditur, plus fotokopi BPKB terlegalisir (tadi ada kejadian petugas gak mau proses pajak motor kredit yang fotokopi BPKB-nya belum dilegalisir).

c. STNK asli.

2. Minta dan isi formulir pendaftaran, masukkan ke dalam map (biru motor, merah mobil), lalu serahkan ke petugas.

3. Nunggu.

4. Dipanggil, verifikasi data (diperiksa KTP asli dan BPKB asli.

5. Nunggu.

6. Dipanggil, bayar pajak.

7. Nunggu.

8. Dipanggil, ambil STNK yang sudah jadi.

9. Kelar deh.

Kira2 seperti itulah pengalamanku ketika membayar pajak motor di Samsat Batu Aji Batam, semoga bermanfaat.

note:
Kalo ga salah, Samsat Pembantu Sagulung ini baru bisa untuk bayar pajak tahunan aja, belum bisa untuk memperpanjang masa berlaku STNK (yang tiap 5 tahun itu lho).

4 komentar:

buldanich mengatakan...

mantap mas postingannya...sering2 aja ..biar orang yag gak tau atau kurang tahu masalah seperti ini bisa terbantu...tanpa hrs pergi ke calo...

Nasution mengatakan...

Dmana nya si tempatnya mas bro..

Nasution mengatakan...

Dmana nya si tempatnya mas bro..

mime mengatakan...

ruko waheng samping spbu basecamp, tapi udah pindah ke sp plaza mas bro

http://batam.tribunnews.com/2014/06/10/kantor-bekas-pelayanan-samsat-di-batu-aji-jadi-arena-judi